Untitled Document
****
KEGIATAN PENYUSUNAN DOKUMEN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL(SPMI)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate menyelenggarakan Penyusunan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Kegiatan dilaksanakan di Hotel Transito Safitra dari tanggal 3-5 Agustus Tahun 2017. Kegiatan ini diikuti 47 peserta terdiri dari Dosen dan Kepala Bagian di lingkup IAIN Ternate.
Wakil Rektor I IAIN Ternate Drs. Darsis Humah, MH memberi sambutan pada Pembukaan acara tersebut, beliau mengatakan sebagai Perguruan Tinggi besar harus memiliki dokumen SPMI karena dokumen itu menjadi indikator Penjaminan Mutu bagi Perguruan Tinggi tersebut. Dokumen itu berisi apa yang dilakukan Perguruan TInggi, yang dirumuskan adalah orientasi standar mutu pendidikan, penelitian dan Pengabdian Masyarakat, kata beliau dalam sambutannya. Dia berharap kepada peserta agar serius mengikuti kegiatan tersebut. Karena dokumen yang nantinya dirumuskan itu menjadi jaminan masa depan IAIN Ternate.
Ketua Panitia Dr. Makbul A.H.Din, M.SI menambahkan "kebijakan SPMI merupakan dokumen utama dan menjadi landasan penyusunan dokumen-dokumen yang lebih operasional dibawahnya. Yakni manual SPMI, standar SPMI dan Formulir SPMI. Kebijakan SPMI berisi landasan filosofi, paradigm dan prinsip kelembagaan dan manajemen UIN, IAIN, STAIN dengan berdasarkan visi, misi dan tujuan Perguruan Tinggi," jelas dia.
Sementara untuk manual SPMI, berisi penetapan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian pelaksanaan dan peningkatan standar SPMI. Sasaran mutu mengacu pada tujuh standar, diantaranya visi, misi tujuan, sasaran dan strategi pencapaian, mahasiswa dan lulusan serta sumber daya manusia" tambah beliau.
Panitia juga menghadirkan narasumber yakni Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. M. Fahri Husein, Ketua LPM UIN Sultan Kasim Jambi Iskandar Nazari, Sekretaris LPM UIN Suska Pekanbaru Riau Novi Yanti.
2017-08-08