slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
img

STUDI TERHADAP BEBERAPA TERMA AL-QUR’AN (al-sa’id, al-falah, al-fauz)

  • By: M.Djidin
  • Jumat, 06/03/20 | 11:52:07

Al-qur’an berisi 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat. Sebagai kitab petunjuk, pedoman, kitab yang memuat dan membicarakan berbagai aspek kehidupan manusia, maka al-Qur’an menjadi obyek kajian dari masa ke masa oleh berbagai kalangan, bukan hanya oleh para sarjana muslim tetapi juga dari kalangan non muslim. Mereka mengkaji al-qur’an dari berbagai sisi dengan menggunakan metode dan pendekatan yang bervariasi. Salah satu metode yang digunakan adalah menentukan suatu tema yang akan diteliti kemudian menghimpun kata-kata yang berkaitan dengan tema kajian. Kata-kata tersebut dihimpun dari surah-surah al-Qur’an.

Selanjutnya kata-kata itu ditelusuri terdapat pada surah apa lalu dikelompokkan kemudian diurut berdasarkan turunnya, apakah ia masuk kategori makkiyah atau madaniyah. Jika ada asbab al-nuzulnya juga menjadi bagian dari penjelasan ayat untuk kemudian tiba pada kesimpulan tentang kandungan ayat yang dikaji. Metode ini dikenal dengan metode maudhu’i atau tematik.

Untuk selengkapnya, klik link berikut : Studi terhadap beberapa terma Al-Quran


PenulisDr. M.Djidin, M.Ag
Nama JurnalAl-Tadabbur
ISSN2355 - 9875
Nomor/VolumeVolume 1
Edisi (Bulan/Tahun)Desember 2016
PenerbitFakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah
Halaman1-12

  • Share on :