slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
slider img
blgo image

AL Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Ternate digelar Dua Hari, Rektor Berharap Hasil Maksimal

  • By: Agustang
  • Selasa, 30/03/21 | 16:55:43

IAIN Ternate, Ternate - Kegiatan assessmen lapangan prodi limu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Ternate digelar. Sesuai jadwal, AL IAT IAIN Ternate dilaksanakan hari ini sampai besok Senin sampai dengan Selasa, 29-30 Maret 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja prodi selama lima tahun terakhir, dengan mengacu pada standar 7 akreditasi BAN-PT. Selama dua hari ini, Unit Pelaksana Program Studi (UPPS) yakni Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) bersama Tim penyusun borang akreditasi prodi IAT yang telah dibentuk sejak dua tahun lalu, akan menjawab pertanyaan pertanyaan dari Assesor BAN PT, yakni, Bapak Dr. A. Hasan Asyari Ulamai, M.Ag. dari UIN Semarang dan Dr. Djailani, M.Ag, dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 


Kegiatan tersebut di mulai pada pukul 08.12 WIB atau bertepatan dengan pukul 10.12 WIT diawali dengan acara pembukaan. Dalam sambutannya, Rektor IAIN Ternate, Bapak Dr. Samlan Hi. Ahmad, M.Pd. mengungkapkan bahwa ada harapan besar dari Prodi IAT untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ini terlihat dari kesiapan tim yang sejak dibentuknya dua tahun yang lalu bekerja secara kolektif dalam rangka mempersiapkan dokumen dokumen dan perangkat yang diperlukan. Mengenai persiapan tersebut Rektor menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua Tim yang bekerja secara maksimal. "Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Ternate adalah satu satunya program studi ilmu Al-Qur'an yang ada di Maluku Utara. Oleh karena itu, kami menaruh besar harapan kepada prodi ini untuk meraih hasil maksimal. Namun demikian, semuanya tergantung dengan  apa yang ada di lapangan." Imbuh Pak Samlan, Sapaan untuk Rektor IAIN Ternate. 


Hadir dalam kegiatan pembukaan Assesmen yang digelar secara daring tersebut adalah, Para Pimpinan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Dr. Muhammad Wardah, M.Ag, (Dekan), Dr. Makbul A. H. Din, M.Si. (Wadek II), Dr. Fahima Abdul Gani, M.Ag. (Wadek III) dan Dr. Burhan, M.Sos.I., bersama tenaga kependidikan lainnya. Hadir pula sebagai undangan, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Radjiman Ismail, M.Pd., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Abu Sanmas, Direktur Pascasarjana Dr. Amanan Soleman Saumur, M.Pd, juga Prof. Dr. Djidin ( Guru Besar Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Ternate). Untuk kelancaran jalannya AL ini,  UPPS juga mengundang beberapa stakeholder, seperti mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan. Hadir dari pihak pengguna alumuni adalah kepada MtstN Ternate Ibu Rusna Gani, dan kepala Kemenag kota Ternate bapak Amir Tomagola. 


Di akhir sambutannya, Rektor kembali mengungkapkan harapannya agar Prodi IAT ini mendapat hasil maksimal. "Kami sangat berharap dari AL ini memperoleh hasil maksimal, apalagi bertepatan dengan Nisyfu Syaban yang merupakan hari yang penuh dengan keutamaan dan keberkahan". Begitu tandasnya. 


Sebagai agenda pertama Assesor mencoba menggali informasi seputar tata pamong, dan informasi para stakeholder, baik mahasiswa, alumni maupun pengguna lulusan. Dalam hal ini, UPPS harus mempersiapkan data valid sesuai dengan kebutuhan borang yang telah dikonfirmasi sebelumnya melalui aplikasi Sapto.


Penulis: Agustang

Editor: Andy dan Ocha

  • Share on :