slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
blgo image

Worksop LP2M IAIN Ternate Berbasis Program Studi

  • By: Admin
  • Senin, 03/02/20 | 08:56:18

Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Ternate  menyelenggarakan kegiatan perdananya  pada awal tahun 2020. Kegiatan  Workshop   Penyusunan Anggaran Penelitian dan  Pengabdian Masyarakat Berbasis Program Studi bertujuan untuk mengkonsolidasikan penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah di IAIN Ternate supaya berorientasi pada penguatan program studi. Kegiatan ini mempunyai outcome berupa rencana strategis (renstra) dan roadmap penelitian, pengabdian masyarakat IAIN Ternate berbasis program studi. Dalam jangka menengah renstra dan roadmap mampu menaikkan program studi pada akreditasi unggul.

Workshop ini dilaksanakan selama dua hari dari tgl 30 sd 31 Januari 2020. Peserta  kegiatan ini adalah perwakilan dari lembaga maupun Fakultas yang terlibat langsung pada penyusunan anggaran di unit masing- masing. Peserta tersebut  antara lain para dekan pada 3 Fakultas, para Wakil dekan 1 dan wakil dekan 2. Para Ketua Jurusan di 3 Fakultas , Ketua SPI , Perwakilan Pascasarjana, Ketua dan Kasubag LPM , Kabag Perencanaan dan Keuangan, Kasubag Perencanaan,  dan Plt Kepala Biro  yang seluruhnya berjumlah 26 orang.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Dr. Muhammad Munadi, mantan Wakil Rektor  II Institut Agama Islam Negeri Surakarta  dan Bapak Dr Usman Ilyas M.Pd , ketua LP2M IAIN Ternate. Ketua panitian Worksop, Dr. Syaifuddin SE, MEI sekaligus Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah.   Kegiatan yang dilaksanakan di Ball Room Kieraha 6 Muara Hotel Ternate ini dibuka dan ditutup  secara resmi oleh Wakil Rektor  II  ( mewakili Rektor IAIN Ternate yang berhalangan hadir).

Sesuai tema yang diusung pada kegiatan workshop ini, maka ada tahapan yang dilaksanakan dalam kegiatan ini. Pertama, menyelaraskan visi misi IAIN Ternate, visi misi LP2M dan visi misi program studi. Kedua merumuskan bersama sama antar semua unit, utamanya program studi (24 prodi di IAIN Ternate) dalam merencanakan program penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah sehingga menunjang penilaian akreditasi program studi. Ketiga, menyusun renstra dan roadmap penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah LP2M IAIN Ternate 2020-2024.

Keterlibatan Mahasiswa pada kegiatan penelitian dan pengabdian  di setiap prodi juga sangat berperan dalam rangka menaikan status akreditasi Lembaga. Pengembangan Pusat-pusat Studi  diprodi maupun LP2M  juga sangat membantu mengidentifikasi sekaligus menjawab problematika yang terdapat di masyarakat dan ini menjadi tugas dan tanggungjawab masyarakat Perguruan Tinggi tidak terkecuali IAIN Ternate. 

Diharapkan juga bahwa LP2M  maupun para dosen dilingkungan IAIN Ternate tidak hanya mengaharapkan dana BOPTN untuk pelaksasnaan Penelitian dan pengabdian Masyarakat, tetapi selalu berkoordinasi dan mengembangkan kerjasasma dengan lembaga, dinas  maupun instasni  terkait seperti, PMD, Pemkot/Pemkab, Pemprov, BKKBN, Perindag, Balitbangda dan Bappeda dalam hal penelitian maupun Pengabdian masyarakat.

Pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat yang mengahasilkan Teknologi tepat guna, Model, Desain, Karya seni maupun Rekayasa sosial  akan membantu menjawab permasalahan kemasyarakatan. Jika  semua ini terlaksana maka Visi IAIN Ternate “Menjadi Perguruan Tinggi Islam Berbasis Riset dalam Pengembangan Masyarakat Islam Kepulauan” akan tercapai. (Dra. Adiyana Adam, M.pd)

  • Share on :