slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
blgo image

IAIN Ternate lakukan Penguatan Kapasitas Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Publikasi Ilmiah

  • By: Admin
  • Kamis, 13/02/20 | 13:42:44

Ternate - Melalui Dialog Penguatan Kapasitas Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Publikasi Ilmiah yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri Ternate di Ruang Rapat Lantai 2 Rektorat (13/03) yang di hadiri oleh Dr.H.Samlan Ahmad selaku Rektor IAIN Ternate dan membuka acara secara resmi , "Dalam rangka melakukan pengabdian masyarakat, IAIN Ternate saat ini telah mengajukan beberapa desa binaan yang totalnya kini mencapai 10 kabupaten", ujarnya.

Usman Ilyas, M.Pd sebagai Kepala Unit LP2M mengatakan bahwa tahun ini sebanyak 42 proposal penelitian dari dosen IAIN Ternate telah diajukan tetapi yang lolos hanya 18 proposal penelitian, tahun ini juga akan melakukan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa melalui KKN Nusantara bersama IAIN Manado, ujarnya.

IAIN Ternate berpotensi untuk menjadi Penelitian terbaik, dari sejarah keislaman dan kerajaan sangat memungkinkan hal tersebut.  Mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri sehingga bisa dijadikan pembeda diantara Perguruan Tinggi Islam yang lainnya, ujar Dr.H. Suwendi, M.Ag sebagai Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Keagamaan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Penguatan penelitian harus dilakukan oleh dosen IAIN Ternate yang dimana harus mempunyai target dari penelitian, dimana jurnal penelitian harus terakreditasi, karena IAIN Ternate hanya dua jurnal yang baru terakreditasi. Penelitian yang mendapatkan bantuan penelitian harus dipublikasikan dalam bentuk buku maupun artikel, dan mendaftarkan penelitian ke Hak Kekayaan Intelektual, tambahnya.

Dr.H. Suwendi, M.Ag berharap dengan adanya kegiatan ini para dosen bisa terpacu semangatnya dalam melaksanakan penelitian, dan mempublikasikan penelitiannya di ranah nasional maupun internasional, dengan adanya semangat ini beberapa tahun mendatang IAIN Ternate bisa mencetak guru besar sebanyak-banyaknya. (As)

  • Share on :