slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
blgo image

WUJUDKAN MBKM, REKTOR IAIN TERNATE DORONG PEMBINAAN KEMAPUAN RISET MAHASISWA

  • By: Ocha
  • Sabtu, 20/11/21 | 23:09:28

IAIN Ternate- Rektor Institut Agama Islam Negeri Ternate Dr. Samlan Ahmad, M.Pd,  mendorong kampus harus memiliki kebijakan  guna mewujudkan  kurikulum merdeka belajar kampus merdeka serta penguatan pembinaan mahasiswa agar nantinya siap saat terjun ditengah masyarakat dan mempunyai kemampuan riset, ini diungkapkan saat menyampaikan sambutannya saat membuka acara Workshop Kurikulum di Muara Hotel (20/11).

“Salah satu program mewujudkan  MBKM, adalah percepatan penyusunan kurikulum berbasis merdeka belajar kampus merdeka, selain itu mahasiswa juga harus disiapkan diantaranya menjalin kerjasama dengan berbagai instansi sehingga mereka bisa langsung praktek lapangan. Dengan begitu, kita harapkan  mahasiswa mempunyai kemampuan riset saat praktek dilapangan. Mendorong mahasiswa untuk menulis Jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional” tandasnya.

Keterkaitan dengan kesepadanan dengan dunia industri, kampus diharapkan  menghasilkan mahasiswa yang terdidik yang nantinya ketika terjun di masyarakat sudah bisa berkarya karena mempunyai kemampuan yang mumpuni dan menghasikan karya, ungkap Samlan.

Sebelumnya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr, Adnan Mahmud, MA, menyampaikan bahwa penyusunan kurikulum ini telah dilakukan pembahasan diberbagai kegiatan Wakil Rwktor/Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kerjasama Lembaga untuk menyamakan persepsi terkait MBKM di Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri.

Dalam Warksop tersebut, IAIN Ternate menghadirkan Narasumber Prof. Dr. Fauzi, M.Ag membahas materi Pola Integrasi KKNI dan Kurikulum MBKM,  Dr. Muksin Jamil, M.Ag membahas Penguatan dan Implementasi Kurikulum MBKM, serta peserta dari kalangan Akademisi (Dosen) IAIN Ternate. 

Penulis: Ocha, Humas IAIN Ternate
 

  • Share on :