slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
blgo image

DOSEN PBA IAIN TERNATE MELAKSANAKAN PkM DI MAN IC HALMAHERA BARAT

  • By: Ocha
  • Selasa, 30/11/21 | 11:15:51

IAIN Ternate, Madrasah Aliyah Negeri IC Halmahera Barat dipilih sebagai lokasi Pengabdian kepada Masyarakat, (PkM)  Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Ternate, dengan mengangkat tema  “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Bahasa Arab di Kabupaten Halmahera Barat”,  (27-28/11)

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh guru–guru bahasa Arab di Halmahera Barat. Adapun tim PkM yang turut pada kesempatan ini yakni: Sugirma, M.Pd.I.  selaku Kordinator Prodi PBA IAIN Ternate, Dr. M. Ridha Assagaf Rahmat, M.Hum, Sayuthi Atman Said, S.Pd.I., M.Pd., Andi Nurmawaddah, M.Pd I, serta Hamdy M. Zen, M.Pd I, (Dosen PBA).

Sugirma, selaku Kordinator Prodi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk bersilaturrahmi dengan guru-guru Mata Pelajaran Bahasa Arab sekaligus menawarkan solusi dalam mengatasi salah satu permasalahan pembelajaran bahasa Arab yakni terkait dengan metode pembelajaran yang terkadang membuat siswa merasa jenuh dalam mengikuti proses pembalajaran bahasa Arab.

“Berdasar hasil observasi awal yang di lakukan oleh Tim  PkM, bahwa hampir disetiap sekolah /madrasah seputaran Halmahera Barat, masih terdapat siswa yang beranggapan mata pelajaran Bahasa Arab sebagai sebuh momok yang menakutkan, maka dari itu diadakan program PkM ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya guru bahasa Arab dalam melangsungkan proses belajar mengajar di dalam kelas, agar selama proses belajar mengajar siswa tidak merasa jenuh dan membosankan”. Ungkap Sugirma dalam sambutannya.

Andi Nurmawaddah, selaku narasumber dalam kegiatan pengabdian ini di dalam penyampaian materi, menyampaikan bahwa, pemanfatan teknolgi di era digital 4.0 ini merupakan hal yang sangat fundamental dalam melangsungkan proses belajar mengajar di dalam kelas. Mengingat, saat ini hampir 100 persen siswa semuanya menggunakan gadget. Oleh karenanya, sebagai sorang guru, kita mestinya mampu memanfaatkan teknologi. Sebab, dengan memanfaatkan teknologi, siswa saat ini lebih cepat tanggap dalam menerima materi yang diberikan. Selain itu, teknologi juga memudahkan kita dalam melangsungkan proses pembelajaran.

Pada kesempatan ini, Ajun Purwadi, selaku Waksek keasramaan yang mewakili kepala Man IC Halmahera Barat, memberikan apresiasi yang setinggi -tingginya serta ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh tim PkM khususnya dan seluruh civitas Akademika IAIN Ternate pada umumnya atas kegiatan ini. Lebih lanjut dikatakan bahwa, dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini, akan berdampak baik dalam meningkatkan komptensi guru-guru kita dalam proses belajar mengajar di kelas. Ungkapnya saat memberikan sambutan.

Selain itu, beliau juga berharap, ke depannya tidak sekedar PkM seperti ini tidak sekedar melibatkan guru–guru bahasa Arab, tapi juga bisa melibatkan para siswa, sehingga, siswa kita bisa lebih produktif lagi dalam meningkatkan kompetensi diri, lebih-lebih kompetensi terkait dengan keterampilan berbahasa khususnya bahasa Arab. Maka dari itu, langkah awal pasca ini, Ajun kemudian memiberi saran ke Prodi PBA IAIN Ternate, untuk membuat satu kegiatan lomba, khususnya lomba bahasa Arab tingkat SMA sederajat dengan tujuan melatih mental dan kemampuan siswa dalam berbahasa Arab.

Sumber: Hamdy
Editor   : Ocha

  • Share on :