slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
blgo image

ECOBRICK: MENJADI PROGRAM UNGGULAN PKM PRODI PIAUD IAIN TERNATE DI PULAU MAITARA

  • By: Ocha
  • Selasa, 30/11/21 | 15:48:06

IAIN Ternate – Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ecobrick Pada Guru PAUD” bertempat di PAUD Sukun, Maitara. dengan peserta dari Guru TK Sakinah dan PAUD Sukun, Maitara, Tidore Utara,( 27-28/11)

Kegiatan ini selain dari guru PAUD juga melibatkan  orang tua anak serta mahasiswa PIAUD IAIN Ternate tersebut dibuka oleh Koordinator Prodi PIAUD, Dra Nursin Sapil, M.PdI yang sekaligus  Ketua Tim Pelaksana PKM. Dosen PIAUD IAIN Ternate yaitu Haryati, M.Pd dan Puji Dwi Rahayu, M.Pd sebagai pemateri pada kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Dra Nursin Sapil, M.PdI menyampaikan bahwa dengan kegiatan PKM ini, selain melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, memberikan edukasi  pemanfaatan barang bekas dan berharap bisa melakukan kerjasama.

“Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi sekaligus berharap bisa bermanfaat dan membantu para guru dalam mengembangkan metode pembelajarannya, selain itu  kedepannya bisa menjalin kerjasama antara Sekolah dengan Prodi PIAUD IAIN Ternate, pada kegiatan-kegiatan lainnya”, tutur Nursin dalam sambutannya.

Sambutan baik atas kedatangan Tim PKM  dan berharap kelak masih ada kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan pihak sekolah yang dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas guru PAUD di sekolahnya,. Hal ini dikarenakan guru-guru PAUD sangat membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti ini sehingga menujang proses belajar mengajar. Ini terungkap dalam sambutan Nurlela Ade mewakili Kepala Sekolah PAUD Sukun.

Kegiatan pengabdian ini diawali dengan penyampaian materi terkait pembuatan alat permainan edukatif Ecobrick, dan dilanjutkan dengan praktek. Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya sampah plastik  di lingkungan sekitar yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Oleh karena itu, tim pengabdian PIAUD mencoba mendaur ulang sampah plastik menjadi sebuah alat permainan edukatif yang lebih bermanfaat untuk menstimulasi perkembangan anak usia dini.

Harapan dari pelaksanaan  kegiatan PKM ini, dapat mengurangi sampah masyarakat menjadi alat permainan edukatif yang dapat dibuat sendiri tanpa membutuhkan biaya yang mahal. Selain itu, anak akan lebih tertarik untuk bermain sambil belajar.

Sumber: Puji
Editor   : Ocha

  • Share on :