slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
blgo image

MEMPERINGATI TRANFORMASI IAIN TERNATE KE-8, REKTOR TEKANKAN ETOS KERJA DAN KEDISIPLINAN

  • By: Ocha
  • Selasa, 11/01/22 | 23:56:06

Ternate, Institut Agama Islam Negeri Ternate menggelar Apel Pagi pada Senin (10/01), di depan Gedung Rektorat dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Ternate, Dr. Radjiman Ismail, M.Pd.Selain untuk menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama No 1 Tahun 2022, sekaligus memperingatai Hari Ulang Tahun ke-8 bertranformasi dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)Ternate ke Institut Agma Islam Negeri Ternate.

Dalam menyampaikan arahan Rektor menekankan soal kedisiplinan terutama bagi pimpinana harus menjadi contoh teladan, baik disiplin dalam kehadiran maupun menjalankan tugas.

“Kepada para ASN terutama kepada bapak/ibu yang diberikan tugas tambahan harus menjadi contoh teladan, baik disiplin dalam kehadiran maupun menjalankan tugas, tidak mungkin kita menegakkan disiplin kalau  kepala-kepala unit itu tidak disiplin”ujarnya.

Beliau memberi perumpamaan  seperti kata pepatah, bagaimana mungkin Sapu yang kotor dapat membersihkan lantai, artinya kalau  kita tidak disiplin, pimpinan tidak disiplin maka kita adalah bagian dari problem yang akan kita laksanakan, dan tidak akan mungkin bawahan atau staf kita akan mengikuti atau akan melaksanakan kalau kita sendiri tidak disiplin, mulai dari Rektor, Kepala Biro, Warek-Warek dan seterusnya.

Lebih lanjut Apel yang digelar bertepatan dengan HUT ke 8 IAIN Ternate itu, Rektor mengilas  balik sejarah berdirinya IAIN Ternate, “walaupun angka ini masih menunjukan 8 tahun bukan berarti bahwa IAIN ternate masih muda, karena sejatinya berdirinya IAIN Ternate sejak Tahun 1966, yang merupakan perguruan tinggi Islam pertama di Maluku Utara, meskipun saat itu masih  merupakan bagian dari IAIN Alauddin Ujung Pandang (Makassar)”

Delapan tahun adalah angka transormasi IAIN Ternate dari STAIN Ternate, selama 14 tahun sejak lepas dari IAIN Alauddin Ujung Pandang tahun 1997 menjadi STAIN Ternate, akhirnya oleh Menteri Agama pada saat itu Suryadarma Ali meresmikan Alih Status ke IAIN Ternate pada tanggal 10 Januari 2014.

Harapan kedepannya semoga lebih baik lagi dan ini ditunjang oleh disiplin kita dalam melaksanakan tugas yang di emban atau di berikan kepada bapak/ibu sekalian, di akhir arahan beliau juga menyampikan akan ada pelantikan pejabat setelah sebelumnya 11 pejabat telah dilantik, secepatnya akan diadakan pelantikan kedua, merampungkan struktur ini, dalam waktu dekat. Ujar rektor menutup arahan pada apel pagi.

Editor: Ocha

  • Share on :