slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
blgo image

Prodi BKPI FTIK IAIN Ternate Gelar PkM Pola Asuh Orang Tua di Kota Ternate

  • By: admin
  • Jumat, 09/10/20 | 15:14:55

IAIN Ternate, Ternate Barat – Program studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pola Asuh Orang Tua yang Efektif dalam Mengatasi Kenakalan Remaja pada orang tua dan remaja di Kota Ternate. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Takome Kecamatan Ternate Barat Kota Ternate. Waktu pelaksanaan selama dua hari yaitu: 8-9 Oktober 2020.

Kegiatan tersebut melibatkan 20 orang tua (ibu-bu) dan 10 remaja, Dosen BKPI, dan mahasiswa BKPI IAIN Ternate, kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan III FTIK, Dra. Suryani Hi. Umar, M.Pd yang mewakili ketua tim pelaksana. Dalam sambutannyan, Wakil Dekan III Dra. Suryani Hi. Umar, M.Pd menyatakan bahwa melalui kegiatan PKM ini, diharapkan IAIN Ternate terutama prodi BKPI lebih giat lagi dalam menyelenggarakan kegiatan yang berfokus pada penguatan peran keluarga dalam mendidik anak-anak di wilayah Kota Ternate.

Selain itu, pihak kelurahan yang diwakili oleh ketua BKM Kelurahan Takome memberikan sambutan yang antusias terhadap kehadiran tim PKM ini, semoga kedepannya akan diadakan lagi kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan seluruh komponen masyarakat di Kelurahan Takome ini. Hal ini dikarenakan para orang tua dan remaja sangat antusias untuk berdiskusi dan membahas berbagai macam isu yang berkaitan dengan penguatan ketahanan keluarga.

Kegiatan PKM ini diawali dengan materi pertama yang berkaitan dengan bentuk-bentuk perilaku kenakalan remaja yang umumnya terjadi, kemudian dilanjutkan dengan materi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kenakalan remaja, materi ketiga yaitu bahaya pornografi, dan yang terakhit adalah materi tentang pola komunikasi yang efektif dengan remaja. Diharapkan materi ini juga dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan baik bagi orang tua ataupun remaja dalam mengarahkan perilaku-perilaku yang positif sehingga perilaku-perilaku kenakalan remaja juga dapat direduksi.

Kegiatan PKM diakhiri dengan foto bersama dan undangan secara informal dari ketua karang taruna kelurahan Takome untuk bersedia menjadi pemateri dalam kegiatan-kegiatan berikutnya yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Kelurahan Takome.    

Penulis: Mawar

Editor: Ocha (Humas IAIN Ternate)

  • Share on :