slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
blgo image

Kembangkan Pembelajaran Edukatif, Prodi PIAUD FTIK IAIN Ternate Gelar PkM

  • By: admin
  • Senin, 12/10/20 | 09:12:28

IAIN Ternate – Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Pada Guru PAUD di Kota Ternate. Kegiatan tersebut dilaksanakan di PAUD Titian Kasih Kelurahan Kastela. Waktu pelaksanaan selama dua hari yaitu 28 September sampai dengan 29 September 2020.

Kegiatan yang melibatkan 20 guru PAUD dan mahasiswa PIAUD IAIN Ternate tersebut dibuka oleh ketua Jurusan FTIK, Dra Nursin Sapil, M.PdI, yang mewakili Ketua Tim Pelaksana yang belum bisa menghadiri kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Ketua Jurusan, Dra Nursin Sapil, M.PdI menyampaikan bahwa dengan kegiatan PKM ini, diharapkan pihak kampus bisa bekerjasama dengan pihak PAUD untuk kegiatan yang lainnya.

Selain itu, pihak sekolah Kepala sekolah PAUD Titian Kasih menyambut dengan baik kedatangan Tim PKM ini, semoga kelak masih ada kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan pihak sekolah. Hal ini dikarenakan guru-guru PAUD senang bisa belajar bersama dosen IAIN Ternate, karena selama ini belum ada kampus yang bekerjasama dengan pihak sekolah, tuturnya diakhir diskusi siang itu.

Kegiatan pengabdian ini diawali dengan pemateri pertama menyampaikan materi terkait pengembangan anak usia dini, kedua terkait pengembangan keterampilan dan seni anak usia dini, ketiga konsep dasar permainan, keempat terkait alat permainan edukatif berbasis bahan alam. Dan terakhir praktik pembuatan alat permainan edukatif dari bahan alam yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Alat permainan edukatif yang dibuat dalam kegiatan ini yaitu dodorobe, anyaman daun pisang, engrang bamboo, engrang batok, ring bambu, bakiak, cari kerikil, gasing bamboo, baling-baling bambu. Dalam setiap APE diharapkan dapat mengembangkan enam aspek perkembangan anak usia dini yaitu dari aspek nilai moral agama, aspek sosial emosional, aspek Bahasa, aspek kognitif, aspek fisik motorik dan aspek seni anak usia dini.

Dalam kegiatan tersebt juga disertai dengan penandatanganan MoU antara Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate dan PAUD Titian Kasih, agar kelak dapat bekerjasama pada kegiatan lainnya. Pihak sekolah berharap masih ada kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas guru PAUD di sekolahnya, tuturnya diakhir acara kegiatan.

Penulis: Andy

Editor: Ocha (Humas IAIN Ternate)

  • Share on :