slider img

WEBSITE IAIN TERNATE

Selamat datang di website IAIN Ternate, pusat informasi berita dan kegiatan serta pengumuman berkaitan dengan Institut Agama Islam Negeri Ternate

slider img
slider img
blgo image

LPM IAIN Ternate Menggelar SPMI

  • By: Admin
  • Selasa, 31/12/19 | 14:55:21

Setelah sepekan dilaksanakan kegiatan FGD Panduan Akademik, Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Ternate kini menggelar kembali  FGD Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi (22/12/2019). Kegiatan FGD SPMI PT ini berlangsung selma dua hari yaitu tanggal 21 sd 22 Desember 2019. 

Menurut ibu Wirda Umagap selaku ketua panitia, mengatakan FGD SPMI ini dilaksanakan guna mereviuw kembali sejauh mana sivitas akademika melaksanakan penjaminan mutu di tengah kampus yg baru berkembang. Pemateri dalam kegiatan FGD ini adalah tiga orang berasal dari IAIN Ternate 2 orang dan 1 orang dari Universitas Khairun Ternate. Dua pemateri dari IAIN Ternate yakni Dr. M. Tahir Sapsuha, M. Ag, membawakan materi dengan judul Sistem Panjaminan Mutu Akademik Menuju 4.0 dan Dr.  Muhammad Zein, M. Pd. Menyampaikan materi dengan judul Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Menghadapi Era 4.0, sedangkan pemateri dari Universitas Khairun yakni Dr. Abdul Gaus, ST,  MT dengan Materi Strategi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Menuju Era 4.0.

Menurut Dr. Muhammad Zein, M. Pd selaku Ketua LPM IAIN Ternate, mengatakan IAIN Ternate sebagai satu-satunya perguruan tinggi Islam berstatus negeri yang ada di provinsi Maluku Utara harus lebih mengedepankan dengan budaya mutu. Menurutnya budaya mutu bagi perguruan tinggi yang baru tumbuh seperti IAIN Ternate harus terpola pada tiga budaya mutu yakni; pola pikir, pola sikap dan pola perilaku. Lebih lanjut Muhammad Zein mengungkapkan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi harus mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dimana didalamnya sudah terdapat unsur-unsur peningkatan mutu yang terstandar secara nasional. 

Seperti Standar Tenaga pendidik (dosen), standar Tenaga Kependidikan (pegawai), standar sarana prasarana, standar proses pembelajaran, standar kemahasiswaan, standar penelitian, standar pemgabdian masyarakat, standar pembiayaan dan standar pengelolaan dan standar lain sesuai kebutuhan perguruan tinggi yang bersangkutan. Peserta yang hadir dalam kegiatan FGD SPMI ini berjumlah 30 orang berasal dari unsur pimpinan fakultas dan pimpinan pascasarjana. Mereka diharapkan setelah kegiatan fgd ini akan melahirkan sejumlah dokumen SPMI seperti dokumen  kebijakan mutu, dokumen manual mutu, dokumen standar mutu dan Standar Operasional Prosedur (SOP) demikian ungkap Abu Sahman Nasim selaku Kepala Pusat Audit pada LPM IAIN Ternate.(Andy)

  • Share on :